Pages

Tuesday, August 2, 2011

Tips Sehat Manjalani Ibadah Puasa

Seluruh umat muslim di dunia saat ini memenuhi panggilan Allah SWT untuk menjalankan ibadah puasa, dan setiap muslim wajib untuk menjalankannya. Berpuasa tak hanya menahan makan dan minum dari terbit fajar hingga waktu magrib telah tiba, berpuasa juga harus menahan hawa nafsunya entah emosi dan sesuatu yang membatalkannya.

Ada tips sehat dalam menjalani ibadah puasa, supaya badan kita tetap fit meski kita menahan makan dan minum. Menurut penelitian para ahli, berpuasa bisa menjaga tubuh dari beberapa penyakit :
  • Bisa untuk menjaga kolesterol dalam darah
  • Mengurangi resiko penyakit diabetes
  • Mengurangi radikal bebas dalam tubuh
Supaya dalam menjali ibadah puasa tetap fit kita bisa menjalankan beberapa hal, yaitu Tips Sehat Menjalani Ibadah Puasa :

1. Jangan Melupakan Makan Sahur
Makan sahur sangat penting dalam menjalankan ibadah puasa, selain itu adalah rangkaian dalam puasa baik puasa ramadhan atau sunnah. Rasulullah SAW pernah bersabda : "Sahurlah kamu, karena dalam sahur itu trdapat berkah yang banyak." . Jadi kenapa dalam puasa sahur menjadi penting? Karena saat berpuasa tubuh kita tidak akan mendapat asupan anergi, jadi makan sahur itu menjadi penting sebagai pengisi energi bagi tubuh kita. Agar dalam menjalani aktifitas kita tidak mudah lemas, saat makan sahur usahakan makan makanan yang banyak mengandung serat dan protein. Seperti sayur-sayuran dan ikan, namun kurangi mengkonsumsi makanan yang manis-manis. Serta makanlah saat sudah mendekati imsak.

Makanan yang manis membuat kita cepat lapar disiang hari, karena makanan yang manis memaksa tubuh mengeluarkan insulin lebih cepat, insulin berfungsi memasukan gula dalam darah kedalam sel-sel tubuh sebagai sumber energi. Namun jika makanan berserat dan berprotein lebih lama saat dicerna, jadi energi dari makanan akan disuplai ke tubuh secara bertahap.

2. Jangan Menunda Berbuka
Setelah seharian menjalani aktifitas yang menguras tenaga, tubuh akan segera ingin mendapat asupan energi lagi. Jadi jangan menunda berbuka agar tubuh segera bugar kembali, saat berbuka makanlah makanan yang manis karena makanan yang mengandung banyak glukosa akan cepat mengebalikan energi secara instan. Namun berbeda dengan sahur tadi, kalau sahur memang harus mengurangi makanan manis. Tapi usahakan hindari minuman es atau bersoda karena itu akan membuat pencernaan tidak berfungsi dengan baik, jika itu terjadi maka proses penyerapan energi dari makan yang kita makan tidak akan lancar.

3. Makan Secara Bertahap
Makan bertahap maksutnya jangan langsung makan semaunya sendiri saat waktu berbuka sudah tiba. Buatlah pencernaan menyesuaikan terlebih dahulu dengan kita mengkonsumsi makanan yang manis dan ringan, seperti kita minum kolak, makan kurma atau buah dan minum teh hangat. Dan setelah sholat magrib kita bisa melanjutkan makan makanan yang lebih berat, seperti makan nasi dan lauk pauk. Tapi tetap saja jangan berlebihan karena nanati saat menjalankan sholat tarawih sholat kita tidak bisa khusyuk karena terlalu kekenyangan. Buatlah setidaknya badan sudah mendapatkan energi, setelah sholat tarawih barulah tambah lagi saupan energinya.

4. Minum Banyak Air
Seperti yang kita tahu 70% tubuh kita adalah air, jadi air disini berfungsi agar organ tubuh berfungsi dengan baik. Jika kekurangan air tubuh kita bisa mengalami gangguan, jadi usahakan meminum air yang banyak tapi jangan berlebihan. Air tak hanya air putih saja tapi susu dan teh pun termask didalamnya. Teraturlah minum 8 gelas air putih sebelum anda menjalani puasa di esok hari.

5. Lakukan Olah Raga Ringan
Bukan berarti saat berpuasa kita juga berpuasa olah raga, justru olah raga kan menjaga kebugaran tubuh agar tidak mudah lelah. Namun pilih olah raga yang ringan sepeti jalan kaki atau lari-lari kecil, waktu yang tepat olah raga ringan ini adalah dipagi hari dan sire hari. Setelah sholat subuh kita bisa sedikit berjalan kaki di sekitar rumah kita, dan disore hari menjelang berbuka kita juga bisa melakukannya mungkin ditambah lari-lari kecil.

Jangan dikira sholat tarawih itu hanya ibadah saja, ternyata saat kita sholat tarawih kita bergerak lebih banyak. dan itu bisa membakar kalori.

6. Menahan Emosi
Seperti yang saya katakan bahwa puasa tidak hanya menahan lapar dan dahaga, tapi juga menahan nafsu termasuk menahan emosi. Mengendalikan emosi akan membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks, dan itu akan berpengaruh banyak pada kesehatan tubuh.

Sekedar informasi agar kita menjalai ibadah puasa dengan tenang kita bisa memastikan kapan waktu berbuka dan imsak. Saya ada Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1432 H. Semoga sedikit tips tadi bisa bermanfaat bagi pembaca. Dan selamat menjalankan Ibadah puasa Ramadhan 1432 H.

0 comments:

Post a Comment